Selasa, 10 November 2015

TEAM WORK (Organisasi Umum)



MNC GRUP

PT Media Nusantara Citra Tbk (IDX: MNCN), lebih dikenal dengan nama MNC saja merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang media yang berpusat di Jakarta, Indonesia, didirikan pada tahun 1997.
Satu dekade kemudian, 22 Juni 2007 perusahaan ini resmi melantai di bursa saham dengan kode emiten atau ticker MNCN.
Saat ini, mayoritas saham digenggam oleh Global Mediacom dengan porsi saham sekitar 65,12% dan masyarakat sekitar 34,9%[2] Saham MNC terhitung liquid dan memiliki tren peningkatan signifikan dari tahun ke tahun [3]
Di luar hal tersebut MNC Group juga memiliki indeks harga saham bernama Indeks MNC36. Indeks tersebut terdiri dari 36 emiten terpilih yang tercatat di BEI. Berdasarkan Price Earning Ratio (PER), Operating Profit Margin (OPM), Debt Equity Ratio (DER), Price Book To Value (PBV) tertinggi dalam IHSG. Metode penghitungan Indeks MNC36 menggunakan pembobotan berdasarkan kapitalisasi pasar.
Peluncuran Indeks MNC36 bertujuan menjadi salah satu indikator bagi investor untuk berinvestasi saham di BEI sehingga investor dapat berinvestasi pada saham-saham emiten yang memiliki kinerja fundamental yang baik, kapitalisasi pasar yang besar, serta rasio keuangan yang positif [4]
Berdasarkan Anggaran Dasar Perseroan,yang tercatat di Bursa Efek Indonesia, MNC bergerak dibidang perdagangan umum, pembangunan, perindustrian, pertanian, pengangkutan, percetakan, multimedia melalui perangkat satelit dan perangkat telekomunikasi lainnya, jasa dan investasi.
Bisnis utama perseroan saat ini adalah media. Sumber pendapatan terbesar MNCN berasal dari tiga media televisi nasional yaitu RCTI, Global TV, dan MNCTV. Ketiga stasiun televisi nasional tersebut menawarkan acara beragam seperti film-film box office, acara olahraga, pencarian bakat, reality show, acara musik, berita, infotainment.

OVERVIEW

PT Media Nusantara Citra Tbk (MNC atau “Perseroan”) adalah perusahaan media terbesar dan terintegrasi di Indonesia. Operasional Perseroan terdiri dari basis media yang lengkap yang memberikan solusi iklan yang menyeluruh kepada semua pelanggan iklan. Bisnis inti MNC terdiri dari penyiaran TV
nasional Free-To-Air (FTA) dan bisnis konten. Sementara bisnis pendukung meliputi media cetak, online dan radio.

Sejarah dan Latar Belakang

PT Media Nusantara Citra, Tbk. ("MNC") terdiri dari berbagai unit bisnis yang terlindung dan dikelola di bawah payung perusahaan induk untuk membuat grup media bisnis terpadu yang dinamis, inovatif dan memanfaatkan pada keunggulan kompetitif dalam sinergi untuk mengatasi setiap tantangan yang sangat kompetitif industri media. MNC melakukan IPO pada 22 Juni 2007 dengan menawarkan 4.125.000.000 saham yang mewakili 30% (20% adalah saham baru) dari saham yang diterbitkan pada Rp900 per saham share.MNC dicatatkan pada Bursa Efek Indonesia, dengan kepemilikan mayoritas dan kendali oleh PT Global Mediacom, Tbk ("MNC Group"). Saat ini, MNC merupakan perusahaan multimedia terintegrasi yang terkemuka di Indonesia. MNC mencapai posisi ini dengan menerapkan strategi yang efektif dan dihitung yang menghasilkan nilai bagi Perusahaan dan pemegang saham.

Visi dan Misi

Visi
Menjadi grup media dan multimedia yang terintegrasi, dengan fokus pada penyiaran televisi dan konten berkualitas yang disiarkan melalui teknologi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Misi
Memberikan konsep hiburan keluarga terlengkap dan menjadi sumber berita dan informasi terpercaya di Indonesia.

 

Corporate History And Milestones

1989
            RCTI mulai beroperasi sebagai stasiun televisi swasta nasional pertama di Indonesia. RCTI kemudian menjadi unit bisnis utama TV nasional FTA bagi MNC setelah diakuisisi oleh MNC pada tahun 2004.

1991
            MNCTV (d/h TPI) beroperasi sebagai stasiun TV swasta nasional ketiga di Indonesia.

1997
            MNC didirikan sebagai perusahaan induk media.
2001
            MNC mengakuisisi saham Global TV.

2002
            MNC meluncurkan Global TV dengan format baru melalui siaran eksklusif program-program MTV Asia selama 24 jam.
MNC mengakuisisi RCTI.

2004
            MNC melakukan strategi untuk fokus membangun pustaka konten melalui produksi sendiri (in-house) dan akuisisi program. MNC berkomitmen untuk
mengembangkan pustaka konten melalui investasi berkelanjutan.

2005
            Global TV mengganti formatnya dari hanya menyiarkan program MTV kemudian memperluas cakupannya untuk pangsa pasar anak muda dan keluarga.
MNC meningkatkan kepemilikan sahamnya di Global TV menjadi 100%.
PT Media Nusantara Informasi (MNI) meluncurkan koran Seputar Indonesia.
PT MNC Networks diluncurkan dengan menyiarkan empat format radio yaitu SINDO Radio (d/h Trijaya FM), Radio Dangdut Indonesia, V-Radio and Global Radio. MNC Networks merupakan jaringan radio terbesar di Indonesia.
MNC mengakuisisi MNI Global, perusahaan yang menerbitkan tabloid mingguan infotainment, Genie.

2006
            MNC memulai usaha di bidang Jasa Nilai Tambah untuk pemirsa TV (SMS Call TV).
Setelah memperoleh kesepakatan eksklusif dengan VH-1, Global TV mulai menyiarkan program anak-anak Nickelodeon, selama delapan jam setiap hari.
MNC News dan MNC Entertainment diluncurkan yang merupakan 2 channel baru yang di produksi keseluruhannya oleh Bisnis Konten MNC untuk ditayangkan di pay TV.
MNC Entertainment, sebuah saluran televisi diproduksi sepenuhnya oleh unit Bisnis MNC Konten diluncurkan pada MSV yang Indovison - berbasis langganan satelit Grup layanan televisi.
MNC mengakuisisi 75% saham TPI (berganti nama dan diluncurkan kembali sebagai MNCTV di 2010).
MNC,meluncurkan tabloid Mom&Kiddie.
MNC BV memberikan jaminan obligasi kepada investor internasional dengan nilai nominal US$168 juta.
MNC started commercial operations of Value Added Services (SMS Call TV).

2007
            MNC meluncurkan media online pertama di www.okezone.com, yang merupakan situs khusus berita dan hiburan.
MNC melaksanakan Penawaran Umum Perdana dan mendaftarkan saham di Bursa Efek Indonesia.
MNC membeli kembali US$25 juta dari total US$168 juta Eurobond di harga 101%.
MNC menandatangani perjanjian dengan Linktone Ltd. (NASDAQ: LTON) untuk membeli tidak kurang dari 51% saham Linktone yang beredar melalui kombinasi dari penawaran tender pada saham American Depository Shares (ADSs) dan penerbitan saham baru.

2008
            MNC The Indonesian Channel (sekarang disebut dengan MNC International) diluncurkan yang di targetkan pada masyarakat Indonesia yang berada di
luar negeri RCTI menyelesaikan pinjaman obligasi sebesar Rp220 miliar.
MNC membagikan dividen sebesar Rp5 per saham, dengan total dividen sebesar Rp68,75 miliar.

2009
            Linktone Ltd dan MNC VAS mengumumkan kerjasama untuk jasa digital di Indonesia.
Koran harian MNC Seputar Indonesia dan tabloid Genie meluncurkan logo dan format design baru.
MNC dan enam perusahaan media terkemuka di Asia Tenggara membentuk SMART Alliance, merupakan komunitas perusahaan media yang bergabung untuk menciptakan dan memberikan keuntungan komersil bagi para anggotanya.
Perubahan nama kantor MNC dari “Menara Kebon Sirih” menjadi “MNC Tower”.
MNC melakukan perubahan logo perusahaan.
MNC membagikan dividen untuk tahun fiskal 2008 sebesar Rp5 per saham, dengan total dividen sebesar Rp 68,15 miliar.

2010
            Linktone Ltd. mengakuisisi saham di Letang Game Ltd., perusahaan swasta yang berbasis di RRC yang bergerak khusus di bidang mobile games dan online PC games.
MNC bersama Linktone Ltd menyelesaikan akuisisi terhadap 75% saham biasa dalam modal saham InnoForm Media Pte Ltd.
Mahkamah Agung menolak permohonan peninjauan kembali dari Crown Capital Global Limited (“CCGL”).
Keputusan tersebut menguatkan keputusan Mahkamah Agung pada tanggal 15 Desember 2009 untuk membatalkan keputusan pailit TPI (sekarang MNCTV)
yang dikeluarkan oleh Pengadilan Niaga. Permohonan peninjauan kembali ke Mahkamah Agung merupakan upaya hukum CCGL yang terakhir untuk mempailitkan TPI. Keputusan Mahkamah Agung secara efektif menutup kemungkinan usaha-usaha di kemudian hari oleh CCGL untuk memohon kepada pengadilan untuk kasus yang sama melawan TPI.
Majalah Just For Kids diluncurkan.
TPI berubah nama menjadi MNCTV pada tanggal 20 Oktober 2010.
MNC Networks meluncurkan V-Radio.

2011
            Saban Capital Group, perusahaan swasta yang khusus berinvestasi di bidang media, yang berkantor di Los Angeles, mengakuisisi 5% saham MNC dengan opsi penambahan sebanyak 2,5% dalam kurun waktu 27 bulan.
Perubahan nama dan peluncuran stasiun lokal TV SunTV menjadi “SINDOTV”.
“Trijaya FM” yang dimiliki oleh MNC Networks diluncurkan kembali menjadi “SINDO Radio”.
Meluncurkan strategi media untuk pasar lokal dengan nama SINDO Media 5-in-1, sebagai terobosan baru dalam mensinergikan beragam media platform (TV,
radio, media cetak seperti koran & majalah, dan internet) untuk lebih menargetkan pada pemirsa lokal.
Meluncurkan channel baru “MNC Muslim” yang merupakan saluran dengan nuansa nilai-nilai dan gaya hidup Islami.
MNC meluncurkan channel baru dalam bahasa Inggris yaitu “MNC Business English Program” ditayangkan di pay TV.
MNC Sports1 dan MNC Sports2 diluncurkan.

Organization Structure

http://mnc.co.id/data/editor/images/Corporate%20Structure%20MNC.jpg

 

Board of Directors & Commissioners Charter

BOD Charter

            Direksi adalah Organ Perseroan yang berwenang dan bertanggung jawab penuh atas pengelolaan Perseroan untuk kepentingan Perseroan, sesuai dengan Visi, Misi dan Tujuan Perseroan.
Anggota Direksi diangkat oleh RUPS untuk jangka waktu tertentu dan dapat diangkat kembali. Anggaran Dasar Perseroan mengatur tata cara pengangkatan, penggantian, dan pemberhentian anggota Direksi dan juga mengatur tata cara pencalonan anggota Direksi.
Pembagian tugas dan wewenang pengurusan diantara anggota direksi ditetapkan berdasarkan keputusan RUPS, dalam hal RUPS tidak menetapkan maka pembagian tugas dan wewenang anggota Direksi ditetapkan berdasarkan keputusan Rapat Direksi.  detail

BOC Charter

Dewan Komisaris adalah Organ Perseroan yang bertugas melakukan pengawasan secara umum dan / atau khusus sekaligus memberi nasihat kepada Direksi sesuai dengan anggaran dasar Perseroan.
Dewan Komisaris terdiri dari Komisaris dan Komisaris Independen. Persyaratan Dewan Komisaris adalah yang memenuhi persyaratan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk peraturan perundang-undangan di bidang Pasar Modal.
Anggota Dewan Komisaris diangkat oleh RUPS untuk jangka waktu tertentu dan dapat diangkat kembali. Anggaran Dasar Perseroan mengatur tata cara pengangkatan, penggantian, dan pemberhentian anggota Dewan Komisaris dan juga mengatur tata cara pencalonan anggota Direksi

Code of Conduct

Kewajiban Perseroan

Penerapan Hubungan Kerja yang Adil
Perseroan berketetapan sepenuhnya pada penerapan kondisi hubungan kerja yang setara dan adil. Rencana pengembangan Karyawan selalu didasari atas bakat dan kinerja. Perseroan bersama dengan Karyawan harus menciptakan dan menyediakan iklim kerja yang produktif, inovatif, adil dan menyenangkan bagi kesuksesan organisasi dan juga bagi pertumbuhan kemampuan karir, dan kesejahteraan seluruh Karyawan. Menindak para Karyawan yang melaporkan adanya pelaksanaan hubungan kerja yang tidak adil, adalah hal yang dilarang.

Internal Audit Unit

Perseroan memiliki Unit Audit Internal sebagaimana diwajibkan dalam Peraturan No.IX.I.7, Lampiran Keputusan Ketua Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan No.Kep-496/BL/2008 tanggal 28 November 2008 tentang Pembentukan dan Pedoman Penyusunan Piagam Unit Audit Internal. Unit Audit Internal bersifat independen dengan tugas memberikan penilaian yang objektif(objective assurance) dan aktivitas konsultasi, dengan tujuan untuk memberikan nilai tambah dan meningkatkan operasional Perseroan, melalui pendekatan yang sistematis dan konsisten, dengan cara mengevaluasi dan meningkatkan efektivitas sistem pengendalian internal, manajemen risiko dan proses GCG Perseroan dan unit-unit usaha.


Social Commitment

Selain memberikan konsep hiburan dan informasi bagi bangsa, MNC dan anak perusahaan telah memfasilitasi sarana bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam membantu orang malang dan membutuhkan. Kegiatan adalah dalam bentuk kegiatan sosial perusahaan.
MNC, melalui anak perusahaan, telah menetapkan berbagai program sosial, di mana dana dari masyarakat di seluruh nusantara dibagikan kepada mereka yang membutuhkan. Dana
dikumpulkan dan disalurkan langsung kepada yang membutuhkan. Sementara, biaya distribusi, termasuk biaya produksi acara, ditanggung sepenuhnya oleh Perusahaan.
RCTI Peduli
            RCTI Peduli (RCTI Care) adalah program penggalangan dana yang mengumpulkan dana dari pemirsa RCTI untuk dibagikan kepada masyarakat kurang mampu di Indonesia. Distribusi dana dalam program ini dibagi menjadi dua kategori besar, yaitu bencana alam dan bantuan sosial. Aids didistribusikan antara lain sebagai berikut:

Bencana Alam
Mentawai Tsunami Bantuan di Kepulauan Mentawai. RCTI Peduli menyalurkan Rp45 juta nilai bantuan dari pemirsa RCTI untuk korban Tsunami di Kepulauan Mentawai. Alat bantu adalah dalam bentuk pakaian, selimut, tikar plastik dan perlengkapan sekolah.

Sektor Kesehatan

RCTI Peduli melakukan pengobatan gratis bagi masyarakat di Jambi.

Sektor Pendidikan
RCTI Peduli bekerjasama dengan Nusa Tenggara Center Foundation Mataram, dibantu pada renovasi fasilitas pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah BL Raudlatussibyan di Desa Belencong, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok,
Nusa Tenggara Barat.
RCTI Peduli diresmikan dan diserahkan tiga bangunan sekolah di Padang, Sumatera Barat. Tiga sekolah adalah: Tabing Bandar Gadang Negara Sekolah Dasar 14, Tanjung Aur Sekolah Dasar Negeri 16 dan Mata Air Barat Sekolah Dasar Negeri 39.

Sektor Kesejahteraan
Jalinan Kasih RCTI
Jalinan Kasih adalah non-komersial RCTI program yang bertujuan untuk mengumpulkan dana dari masyarakat dan menyalurkannya kepada masyarakat yang membutuhkan. Jalinan Kasih mengkhususkan diri dalam memberikan perhatian medis.

REFRENSI :

Senin, 28 September 2015

Sejarah Komunikasi

Teknologi komunikasi

Teknologi Komunikasi adalah peralatan perangkat keras (hardware) dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses dan saling tukar menukar informasi dengan individu-individu lain.

Masa Prasejarah.

Pada masa prasejarah manusia telah menggunakan dan mengembangkan berbagai bentuk komunikasi dan informasi. Manusia mencoba menggunakan teknologi komunikasi berupa gambar yang menceritakan pengalaman kegiatan berburu pada dinding-dinding gua, menggunakan isyarat berupa bunyi untuk berkomunikasi dengan sesama dengan menggunakan genderang, terompet, api dan asap untuk menyampaikan pesan jarak jauh. Contoh karakter huruf yang digunakan pada masa ini adalah piktograf dan hierogliph.

Masa Sejarah.

Penemuan kertas oleh bangsa Cina menjadi tanda perkembangan bahasa tulis dan cikal bakal kertas saat ini. Pada masa ini, kertas terbuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci kemudian diratakan dan dikeringkan. Dengan ditemukannya kertas, muncul teknologi percetakan dengan menggunakan balok kayu yang dilumuri tinta dan dicapkan pada kertas.

Teknologi komunikasi dan media baru.

Teknologi komunikasi memberikan dampak kuat bagi perkembangan media. Kegiatan manusia tak lepas dari produk teknologi komunikasi dan media akibat pengaruh dari perkembangan teknologi. Manusia semakin membutuhkan untuk berkomunikasi dengan orang lain dengan menggunakan perangkat teknologi media baru. Media tidak hanya dalam bentuk media massa dan media elektronik. Namun media baru yang semakin berkembang dan populer adalah media jejaring sosial online di dunia maya. Media baru digunakan masyarakat untuk mengekspresikan diri dan menyampaikan segala pandangan terhadap sesuatu hal.

Masa Modern.

Beberapa teknologi komunikasi yang digunakan adalah :

Mesin Cetak (1455)
Pada tahun 1455, Johann Guttenberg menciptakan mesin cetak pertama menggunakan pelat huruf yang terbuat dari besi. Pelat tersebut dapat diganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu.

Mesin Analitik (1830)
Charles Babbage menciptakan mesin analitik yang mampu memasukkan data, mengolahnya dan mengeluarkan output berupa kartu. Dengan menggunakan mesin ini, Agusta Lady Byron untuk pertama kalinya menulis sebuah program komputer yang pertama di dunia. Meskipun bersifat mekanis, mesin ini mengilhami terciptanya mesin digital seperti komputer digital pertama yang disebut ENIAC I.

Telegraf dan Kode Morse (1837)
Pada tahun 1837, diciptakan mesin telegraf dan kode morse oleh Samuel Morse bersama dua kawannya, yaitu Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone. Mereka berhasil mengirimkan berita melalui kabel dengan kode Morse (denyut listrik) di antara dua tempat yang letaknya berjauhan.

Film Pertama (1861)
Film merupakan alat komunikasi untuk mengungkapkan gagasan kepada orang banyak. Awal mula film diciptakan pada tahun 1861.

Pesawat Telepon dan Fotografi (1877)
Berdasar pada teknologi telegraf, pada tahun 1877, Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan telepon yang dipergunakan secara umum untuk kali pertama. Pada masa ini, ditemukan pula fotografi dengan kecepatan tinggi oleh Edward Maybridge.

Pita Penyimpan Magnetis (1899)
Pada masa ini untuk kali pertama diciptakan sistem penyimpanan dalam tape (pita) magnetis yang terbuat dari pita plastik kuat yang disebut Mylar. Salah satu sisi pita tersebut dilapisi bahan magnet sejenis iron oxide (oksida besi).

Televisi Tabung (1923)
Zvorkyn menciptakan televisi tabung dan komponen yang digunakan masih berupa tabung vakum karena pada masa ini belum muncul teknologi transistor.

Media Penyimpanan Magnetic Tape (1940)
Dimulainya pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang komunikasi dan informasi terjadi pada masa Perang Dunia II. Pengembangan tersebut bertujuan untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetic tape.

Hiperteks (1945)
Vannevar Bush mengembangkan sistem pengkodean menggunakan hiperteks. Dengan pengkodean hiperteks dapat diciptakan halaman-halaman web yang digunakan dalam internet.

Komputer Digital (1946)
Setelah satu abad terciptanya analytical machine oleh Charles Babbage, komputer digital (ENIAC I) pertama di dunia diciptakan pada masa ini.

Transistor (1948)
Para peniliti di Bell Telephone mengembangkan transistor untuk mengganti tabung vakum yang sebelumnya digunakan. Selain bentuknya kecil, transistor hanya membutuhkan sumber daya listrik yang kecil dan tidak menimbulkan panas yang berarti.

Transistor Planner (1957)
Pada masa ini dikembangkan komponen elektronik transistor planner oleh Jean Hoerni. Dengan teknologi ini, jutaan transistor dapat dimasukkan ke dalam satu keping kecil kristal silikon. Pada tahun ini juga, Uni Soviet (USSR) meluncurkan satelit bumi buatan pertama yaitu Sputnik yang bertugas sebagai mata-mata.

Jaringan Komputer Desentralisasi (1962)
Rand Paul Barand ditugaskan untuk mengembangkan suatu sistem jaringan desentralisasi yang mampu mengendalikan sistem pemboman dan peluncuran peluru kendali dalam perang nuklir.

Jaringan Komputer Pertama di Amerika Serikat (1969)
Sistem jaringan yang pertama diberntuk dengan menghubungkan empat titik tempat dengan kekuatan 50 Kbps.

Program E-mail (1972)
Ray Tomlison pertama kali menciptakan program e-mail yaitu pengiriman pesan teks atau surat secara elektronik lewat internet.

Internet (1973 - 1990)
Istilah internet diperkenalkan dalam sebuah karya tulis mengenai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Kemudian dilanjutkan dengan dilakukan pengembangan protokol jaringan.

Perbedaan teknologi komunikasi dengan teknologi informasi.

Teknologi komunikasi ditekankan pada sebagaimana suatu hasil data dapat disalurkan, disebarkan dan disampaikan ke tempat tujuan sedangkan teknologi informasi lebih ditekankan pada hasil data yang diperoleh. Teknologi informasi berkembang cepat dengan meningkatnya perkembangan komputer dengan piranti pendukungnya serta perkembangan teknologi komunikasi yang ada. Teknologi komunikasi berkembang cepat dengan meningkatnya perkembangan teknologi elektronika, sistem transmisi dan sistem modulasi, sehingga suatu informasi dapat disampaikan dengan cepat dan tepat.

Referensi.

● Barney, Darin.(2005). "Communication Technology". Canada: UBC Press

● Headrick, Daniel. R.(2009). "Technology A World History". New York: Oxford University Press

● Krug, Gary.(2005). "Communication, Technology and Cultural Change". London: SAGE Publications Ltd.

● Wylie, Kimberly.(2003). "Communication Technology". Munich: GRIN Publishing

●https://id.m.wikipedia.org/wiki/Teknologi_komunikasi

Jumat, 15 Mei 2015

Ilmu Budaya dasar

MAKALAH ILMU BUDAYA DASAR

Description: http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/1/19/Logo_Gunadarma.jpg


MANUSIA DAN CINTA KASIH
MANUSIA DAN KEADILAN
MANUSIA DAN HARAPAN HIUP
MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB


NAMA                        :           JAJANG MAJA KURNIAWAN
NPM                           :           15114578
KELAS                       :           1KA27
DOSEN                      :           SARWOKO





UNIVERSITAS GUNADARMA
2014/2015


Manusia dan cinta kasih
Secara umum kasih sayang diartikan sebagai perasaan sayang, suka, dan cinta kepada seseorang. Salah satu unsur dari cinta kasih ialah perhatian yakni perhatian yang sudah diberikan oleh orang yang ada disekeliling kita. Dan pada kasih sayang merupakan sesuatu hal yang indah, suci, abadi dan didambakan tiap orang dan termasuk istilah denotatif. Orang tidak akan mendapatkan kasih sayang apabila tidak ada orang yang memberi.begitulah alaminya rasa kasih sayang.
Sudah dari sejak lahir dan awalnya kehiudupan manusia di bumi Manusia ditakdirkan sejak lahir untuk mempunya cinta kasih terhadap sesama nya karna dengan cinta kasih manusia bisa saling mencintai dan saling mangasihi, cinta dan kasih sayang tidak hanya dimiliki oleh seorang remaja yang sedang merasakan pubertas, mulai dari balita sampai orang tua pasti merasakan yang namanya cinta dan kasih saying.
Cinta adalah rasa sangat suka atau rasa sayang ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya.Sedangkan, kata kasih artinya perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan, manusia dan cinta kasih bisa dibilang mempunyai arti luas, cintah kasih seorang manusia bisa di saja ditunjukan kepada tuhan, teman, anak, istri, suami, orang tua dan lain – lain,
.           Jadikan lah anugarah yang telah allah berikan terhadap manusia (cinta dan kasih sayang ) sebagai alasan untuk saling membantu terhadap yang susah, saling berbuat baik, saling melakukan hal yang positif terhadap sesame manusia dan saling mengasihi agar dunia yang kita cintai ini bisa damai dan juga aman,  insya allah kita tidak akan melihat yang namanya peperangan jika sesama manusia bisa saling mencintai dan saling mengasihi, karna cinta dan kasih sayang tidak harus ke keluarga saja tapi juga ke sesama umat manusia di seluruh dunia.
Sebagai contoh cinta dan kasih saying orang tua terhadap anak, tidak mungkin orang tua mengurus anak nya tidak dengan cinta dan kasih sayang, “Orang tua kita tak pernah meminta balasan apapun juga atas apa yang telah mereka lakukan terhadap diri kita sebagai pengganti kelelahan, perjuangan dan pengorbanan mereka selama membesarkan diri kita sebagai anaknya. Dan mereka pun tak pernah melepaskan diri kita begitu saja walau kita telah tumbuh sebagai seorang remaja ataupun seorang yang dewasa, melainkan mereka tiada henti-hentinya memberikan do’akan diri kita agar mendapatkan kebahagiaan dan keberkahan di dunia dan di akhirat kelak”

Adji Widagdho,Ibid,halaman 21

Manusia dan harapan hidup
Harapan adalah sesuatu yang wajar berkembang dalam diri manusia dimanapun berada. bahwa kebutuhan merupakan salah satu isi pokok dari unsur kepribadian yang merupakan sasaran dari kehendak, harapan, keinginan, serta emosi seseorang. Kebutuhan individu dapat dapat dijabarkan lebih lanjut menjadi:Manusia tidak bisa terlepas dari harapan. Harapan adalah bagian hidup dari manusia. Manusia yang tidak memiliki harapan sama saja seperti orang yang mati. Setiap manusia berhak memiliki harapan hidup, Harapan hidup itu bersifat manusiawi dan berhak dimiliki semua orang.
Harapan adalah awal menuju tujuan hidup manusia yang bermacam-macam. Harapan bergantung pada pengetahuan, pengalaman, lingkungan hidup dan kemampuan masing-masing. Berhasil atau tidaknya suatu harapan tergantung pada usaha orang yang mempunyai harapan. Harapan harus berdasarkan kepercayaan, baik kepercayaan pada diri sendiri, maupun kepercayaan kepada Tuhan yang maha esa. Agar harapan terwujud, maka perlu usaha dengan sungguh-sungguh.
            Manusia tanpa harapan itu seperti The Beatles tanpa adanya John Lenon. Sesungguhnya manusia yang memiliki harapan akan lebih tertata dalam melakukan segala sesuatunya karena ia memiliki sebuah tujuan, sebuah harapan yang ingin ia wujudkan Berbeda dengan manusia yang tanpa harapan ia bagaikan orang yang hidup tapi tidak jelas hidupnya, tidak ada mimpi, tidak ada keinginan,  harapan bisa saja sebagai motivasi manusia contoh kecil nya adalah seorang anak kecil yg memotivasi dirinya untuk belajar giat agar ketika besar ia bisa menjadi Pilot.
            Seorang yang memiliki harapan cenderung berkerja keras untuk mewujudkan harapan hidup nya, karna tidak ada seorang intansi bahkan keluarga yang manghalangi harapan hidup seorang manusia.di bandingkan manusia yang tidak memiliki harapan Jadi seperti dia hidup tanpa ada harapan dalam hidupnya tanpa ada tujuan dalam hidupnya. Setiap manusia pasti memiliki sebuah harapan dalam hidupnya, namun ada orang yang mau mengejar untuk mendapatkannya dan ada juga yang menyerah harapan itu karena dia merasa sudah tidak mampu mendapatkannya. Jadi, apapun harapan itu pasti akan selalu ada jalan untuk meraihnya, hanya tergantung pada bagaimana usaha dan doa kita untuk mendapatkannya.
         Usaha untuk meraih harapan hidup seorang manusia tergantung dari setiap individu bagaimana cara untuk meraih nya, setiap induvidu harus memilika sifat pantang menyerah agar bisa meraih harapan hidup nya,  maka jangan pernah menyerah untuk mengejar harapan hidup yang lebih dan menjadi lebih baik . begitulah cara hidup agar bisa terus baik kita mesti menafsirkan sebgaimana cara kita mengejar harapan kita dan juga untuk meraih cita cita kita dalan hidup ini.
Drs. Mahfud Adi Djayanto, dkk, Ilmu Budaya Dasar, (Jakarta:Bahari Nusantara, 1989), hlm.139
Manusia dan keadilan
Mula mula kita telusuri apa itu keadilan. Keadilan adalah kondisi kebenaran ideal secara moral mengenai sesuatu hal, dapat menyangkut benda ataupun orang disekiar.Setiap semua manusia harus dan wajib mempunyai rasa adil dan mendapat keadilan itu sendir, banyak perkerjaan yang setiap manusianya dituntut untuk mempunya rasa keadilan yang cukup tinggi, salah satunya dapat kita contohkan di lihat dari seseorang wait di pertandingan olahraga. Dia mempunyai tanggung jawab untuk bersikap adil dalam pertandingan tersebut.
Dan dapat kita gambarkan sesuatu keadilan tersebut dalam hal politik maupun hukum, setiap manusia harus bersikap adil jika benar katakana benar jika salah katakan salah, karna “manusia dan keadilan” sudah tercantum pada pancasila sila ke 5 “ keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia”
Masyarakat adalah kumpulan individu yang di satu sisi menginginkan bersatu karena adanya ikatan untuk memenuhi kumpulan individu  – tetapi disisi yang lain – masing-masing individu memiliki pembawaan serta hak yang berbeda yang semua itu tidak dapat dilebur dalam kehidupan sosial.
Pandangan-pandangan Aristoteles tentang keadilan hukum bisa didapatkan dalam karyanyanichomachean ethics, politics, dan rethoric. Lebih khususnya, dalam buku nicomachean ethics, buku itu sepenuhnya ditujukan bagi keadilan umum, yang berdasarkan filsafat umum nya Aristoteles, harus dianggap sebagai inti dari filsafat hukumnya, “karena hukum hanya bisa ditetapkan dalam kaitannya dengan keadilan.” Itu.
Tetapi Aristoteles membuat pembedaan penting antara kesamaan numerik dan kesamaan proporsional. Kesamaan numerik mempersamakan setiap manusia sebagai satu unit. nah Inilah yang sekarang biasa kita pahami tentang kesamaan dan yang kita maksudkan ketika kita mengatakan bahwa semua warga Indonesia adalah sama di depan hukum.

Buku Dhani Ardiansyah, Kemanusiaan yang Hidup.





Manusia dan tanggung jawab
Tanggung jawab menurut kamus besar Bahasa Indonesia adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya.Tanggung jawab timbul karena telah diterima wewenang.
Setiap hidup manusia pasti mempunyai tanggung jawab di dalam hidupnya Tanggung jawab itu sendiri merupakan sifat yang mendasar dalam diri manusia. Selaras dengan fitrah. Tapi bisa juga tergeser oleh faktor eksternal.

Setiap individu memiliki sifat ini. Ia akan semakin membaik bila kepribadian orang tersebut semakin meningkat. Ia akan selalu ada dalam diri manusia karena pada dasarnya setiap insan tidak bisa melepaskan diri dari kehidupan sekitar yang menunutut kepedulian dan tanggung jawab. Inilah yang menyebabkan frekwensi tanggung jawab masing-masing individu berbeda.
Pada hakekatnya manusia tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain, sesuai dengan kedudukanya sebagai makhluk sosial. Karena membutuhkan manusia lain, maka ia harus berkomunikasi dengan manusia lain tersebut. Sehingga dengan demikian manusia di sini merupakan anggota masyarakat yang tentunya mempunyai tanggung jawab seperti anggota masyarakat yang lain agar dapat melangsunggkan hidupnya dalam masyarakat tersebut. Wajarlah apabila semua tingkah laku dan perbuatannya harus dipertanggung jawabkan kepada masyarakat.
Oleh karena itu manusia yang bertanggung jawab adalah manisia yang dapat menyatakan diri sendiri bahwa tindakannya itu baik dalam arti menurut norma umum, sebab baik menurut seseorang belum tentu baik menurut pendapat orang lain.
Pelanggaran dari hukum-hukum tersebut akan segera diperingatkan oleh Tuhan dan jika dengan peringatan yang keraspun manusia masih juga tidak menghiraukan, maka Tuhan akan melakukan kutukan. Sebab dengan mengabaikan perintah-perintah Tuhan berarti mereka meninggalkan tanggung jawab yang seharusnya dilakukan manusia
Jangan hanya tanggung jawab terhadap sesama manusia saja karna sudah selayaknya kita ingat kepada sang pencipta, maka dari itu kita tidak boleh melupakan tanggung jawab kepada sang pencipta  Tuhan menciptakan manusia di bumi ini bukanlah tanpa tanggung jawabmelainkan untuk mengisi kehidupannya. Manusia mempunyai tanggung jawab langsung kepada Tuhan. Sehingga tindakan manusia tidak bisa lepas dari hukum-hukum Tuhan yang dituangkan dalam berbagai kitab suci melalui berbagai macam agama.


Drs. Mahfud Adi Djayanto, dkk, Ilmu Budaya Dasar, (Jakarta:Bahari Nusantara, 1989), hlm.159

Drs. Mahfud Adi Djayanto, dkk, Ilmu Budaya Dasar, (Jakarta:Bahari Nusantara, 1989), hlm.201

Rabu, 07 Januari 2015

Hak Asasi Manusia dalam Kebebasan Informasi.

  
Kebebasan informasi


Kebebasan informasi adalah salah satu dari hak asasi manusia yang diakui oleh hukum internasional dalam mendapatkan informasi dengan bebas, yang mencakup bukan hanya dalamteks dan gambar saja tetapi juga pada sarana berekspresi itu sendiri paling utama dalam pemanfaatan teknologi informasi.

Contohnya seperti kebebasan dalam mengetahui isi atau bagaimana berjalannya sistem pemerintahan di indonesia dengan bebas dapat kita ketahui.
Seperti hal nya kita memberitahukan ke setiap warga di indonesia bagaimana berjalannya sistem pemerintahan tersebut, maka masyrakat dapat mengetahui berita-berita terbaru agar masyarakat juga bisa lebih dan peduli untuk bisa membangun pemerintahan indonesia yg lebih baik.

Kebebasan informasi terutama dalam mendapatkan hak akses informasi dari Internet serta media massa lainnya seperti televisiradiosurat kabarbuku dan lain sebagainya, juga merupakan nilai dasar dalam kehidupan berdemokrasi.

Oleh karena itu kebebasan memperoleh informasi bagi masyarakat dapat menjadi dasar dalam meningkatan partisipasi dari para masyarakat itu sendiri,dan mengingat ketersediaan informasi yang memadai tentunya akan dapat mendorong masyarakat untuk lebih mampu berpartisipasi dalam proses pembuatan kebijakan secara efektif,berguna, dan berani.

Bahkan tidak hanya itu aja, dengan kemajuan globalisasi jaman sekarangpun masyarakat bisa berpartisipasi dalam menyebarkan informasi melalui internet media sosial yg ada seperti lewat twitter, facebook, path, dan lain-lain.





Kita memberi informasi apapun dengan sebebas bebasnya asalkan sesuai dengan peraturan perundang undangan yg sudah di buat dalam kebijakan pemerintah dalam peraturan tata cara besosialisasi melalui internet jejaring sosial J

 

Berikut adalah Standar Internasional untuk Hak Atas Informasi.

yang di buat dalam:

 

Deklarasi Universal atas Hak Asasi Manusia (Universal Declaration on Human Rights / UDHR)

 

Pasal 19
Setiap orang memiliki hak untuk bebas berpendapat dan berekspresi; Hak ini termasuk hak memiliki pendapat tanpa gangguan, dan untuk mencari, menerima, serta menyampaikan informasi dan ide melalui media apa saja, tanpa memandang bata-batas tertentu.

Yang maksudnya adalah bahwa setiap orang berhak untuk tidak dapat hgangguan dalam hal menyampaikan, mengambil, dan berpendapat dalam informasi apapun tanpa ada batasan batasan apapun.

Contohnya seperti kita ingin mengetahui informasi terbaru seputar artis idola kita, apapun informasi nya, kita bebas untuk mengetahuinya. Walaupun orang yang kita ingin ketahui informasinya itu merasa risih itu sudah menjadi hak masyarakat untuk mengetahui informasi tersebut secara bebas.

Walaupun juga masyarakat dalam berekspresi memberi kan informasi secara bebas dan informasi tersebut di luar fakta yang ada, itu tetap hak mereka untuk berekspresi dalam memberi informasi apapun, maka dengan begitu pula terjadilah penyelesaian masalah jika ada masyarakat lain yang tidak setuju dengan berita tersebut. Dan semua masyarakat dapat melihat mana kebenaran dalam informasi yang di sampaikan dari masyarakat-masyarakat tersebut.





Setiap orang dalam memberikan suatu informasi dapat dikatakan bahwa masyarakat berperan sebagai pers, yaitu memberikan informasi luas terhadapt masyarakat lain.
Selain itu juga masyarakat dalam memberikan informasi harus sesuai kode etik Jurnalistik dan Pers yang bebas dan juga bertanggung jawab atas informasi nya tersebut.
Seperti banyak nya yang kita ketahui tentang dunia informasi tentang wartawan atau masyarakat sebagai peran pembagi informasi harus mempubliskan informasi yang sudah benar-benar fakta adanya
Jika yang di sebarluaskan itu tidak berdasarkan fakta yang ada maka akan berdampak pada suatu kelompok atau individu yang di rugikan, bisa saja karena berita yang tidak sesuai fakta tersebut nama baik mereka tercoreng dan hal itu ada hukum hukum nya.
Jadi kesimpulannya adalah Peranan pers adalah memberi informasi yang benar kepada publik tentang suatu peristiwa, pers juga sebagai media yang dapat dengan bebas memantau jalannya pemerintahan dan melaporkan tanpa takut adanya penuntutan.
Di dalam masyarakat demokratis seperti di Indonesia ini rakyat bergantung pada pers bisa untuk memberantas korupsi, memaparkan kesalahan penerapan kukum juga ketidak efisienan dan ketidak efektifan kerja sebuah lembaga pemerintah.

Maka dari itu kita sebagai masyrakat yang bebas mempunyai hak memberikan informasi kepada masyarakat luas, kita harus memikirkan dengan matang sebelum peristiwa atau berita tersebut di publikasikan J




Refrensi     :         Puddephatt, Andrew
Asep Saefullah

Kamis, 20 November 2014

PEMUDA DAN SOSIALISASI SERTA PERANANNYA
DALAM MEMBANGUN MASYARAKAT


1.    Pengertian Pemuda

Telah kita ketahui bahwa pemuda atau generasi muda merupakan konsep-konsep yang selalu dikaitkan dengan masalah nilai.hal ini merupakan pengertian idiologis dan kultural daripada pengertian ini. Didalam masyarakat pemuda merupakan satu identitas yang potensial sebagai penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani bagi pembangunan bangsanya karma pemuda sebagai harapan bangsa dapat diartikan bahwa siapa yang menguasai pemuda akan menguasai masa depan.
Ada beberapa kedudukan pemuda dalam pertanggungjawabannya atas tatanan masyarakat,antara lain :
a. Kemurnian idealismenya
b. Keberanian dan Keterbukaanya dalam menyerap nilai-nilai dan gagasan-gagasan yang baru
c. Semangat pengabdiannya
d. Sepontanitas dan dinamikanya
e. Inovasi dan kereativitasnya
f. Keinginan untuk segera mewujudkan gagasan-gagasan baru
g. Keteguhan janjinya dan keinginan untuk menampilkan sikap dan keperibadiannya yang mandiri
h. Masihlangkanya pengalaman-pengalaman yang dapat merelevansikan pendapat,sikap dan tindakanya dengan kenyatan yang ada.

2 Sosialisasi Pemuda

Sosialisasi adalah proses yang membantu individu melalui media pembelajaran dan penyesuaian diri,bagaimana bertindak dan berpikir agar ia dapat berperan dan berfungsi,baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat.Ada beberapa hal yang perlu kiya ketahui dalam sosialisasi,antara lain: Proses Sosialisasi, Media Sosialisasi dan Tujuan Sosialisasi.
a) Proses sosialisasi
Istilah sosialisasi menunjuk pada semua factor dan proses yang membuat manusia menjadi selaras dalam hidup ditengah-tengah orang kain. Proses sosialisasilah yang membuat seseorang menjadi tahu bagaimana mesti ia bertingkah laku ditengah-tengah masyarakat dan lingkunga budayanya. Dari proses tersebut,seseorang akan terwarnai cara berpikir dan kebiasaan-kebiasaan hidupnya.
Semua warga negara mengalami proses sosialisasi tanpa kecuali dan kemampuan untuk hidup ditengah-tengah orang lain atau memgikuti norma yang berlaku dimasyarakat. Ini tidak datang begitu saja ketika seseorang dilahirkan,melainkan melalui proses sosialisasi.

b) Media Sosialisasi

o Orang tua dan keluarga
o Sekolah
o Masyarakat
o Teman bermain
o Media Massa.

c) Tujuan Pokok Sosialisasi

- Individu harus diberi ilmu pengetahuan (keterampilan) yang dibutuhkan bagi kehidupan kelak di masyarakat.
- Individu harus mampu berkomunikasi secara efektif dan mengenbangkankan kemampuannya.
- Pengendalian fungsi-fungsi organik yang dipelajari melalui latihan-latihan mawas diri yang tepat.
- Bertingkah laku secara selaras dengan norma atau tata nilai dan kepercayaan pokok ada pada lembaga atau kelompok khususnya dan pada masyarakat umum.

3. Hakekat Pemuda

Ada beberapa hakekat kepemudaan yang ditinjau dari dua asumsi :

1. pengkhayatan mengenai proses perkembangan manusia bukan sebagai suatu kontinum yang sambung menyambung tetapi fragmentaris, terpecah-pecah, dan setiap fragmen mempunyai artinya sendiri-sendiri. Pemuda dibedakan dari anak dan orang tua dan masing-masing fragnen itu mewakili nilai sendiri.

2. merupakan tambahan dari asumsi wawasan kehidupan ialah posisi pemuda dalam arah kehidupan itu sendiri.Pemuda sebagai suatu subjek dalam hidup, tentulah mempunyai nilai sendiri dalam mendukung dan menggerakan hidup bersama. Hal ini hanya bisa terjadi apabila tingkah laku pemuda itu sendiri ditinjau sebagai interaksi dalam lingkungannya dalam arti luas.

Ciri utama dari pendekatan ini melingupi dua unsur pokok yaitu unsur lingkungan atau ekologi sebagai kesekuruhan dan kedua,unsure tujuan yang menjadi pengarah dinamika dalam lingkungan itu.Keseimbangan antara manusia dengan lingkungannya adalah suatu keseimbangan yang dinamis, suatu interaksi yang bergerak.Arah gerak itu sendiri mungkin ke arah perbaikan mungkin pula ke arah kehancuran.

4. Peranan Pemuda Dalam Pembangunan Masyarakat ,Bangsa, dan Negara

Dalam hubungannya dengan sosialisasi geenerasi muda khususnya mahasiswa telah melaksanakan proses sosialisasi dengan baik dan dapat dijadikan contoh untuk generasi muda, mahasiswa pada khususnya pada saat ini.
Proklamasi kemerdekaan 17 agustus 1945 ternyata perlu ditebus dengan pengorbanan yang tinggi. Oleh karena segera setelah proklamasi pemuda Indonesia membentuk organisasi yang bersifat politik maupun militer, diantaranya KAMI(Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia) yang didirikan oleh mahasiswa dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia.
KAMI menjadi pelopor pemdobrak kearah kehidupan baru yang kemudian dikenal dengan nama orde baru (ORBA). Barang siapa menguasai generasi muda, berarti menguasai masa depan suatu bangsa, demikian bunyi suatu pepatah. Berarti masa depan suatu bangsa itu terletak ditangan generasi mudas.

Kalau dilihat lebih mendalam, mahsiswa pada garis besarnya mempunyai peranan sebagai :

a. agent of change
b. agent of development
c. agent of modernizatiom

Sebagai agent of change, mahasiswa bertugas untuk mengadakan perubahan-perubahan dalam masyarakat kearah perubahan yang lebih baik. Sedangkan agent of development, mahasiswa bertugas untuk melancarkan pembangunan di segala bidang, baik yang bersifat fisik maupun non fisik.Sebagai agent of modernization, mahasiswa bertugas dan bertindak sebagai pelopor dalam pembahruan.

5. Beberapa Permasalahan Dan Tantangan

Perubahan-perubahan sosial budaya yang terjadi sebagai akibat dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni yang diikuti oleh masalah peledakan penduduk dan berbagai krisis dunia dalam bidsng ekonomi, social, budaya, politik dan pertahanan keamanan, telah mempengaruhi masyarakat secara mendasar.
Pengaruh itu drasakan pula oleh generasi muda atau pemuda sebagai masalah langsung menyangkut kepentingannya di masa kini dan tantangan yang dihadapinya di masa yang akan dating. Secara garis besar, permasalahan generasi muda itu dapat dilihat dari berbagai aspek sosial, yang meliputi :

a. Aspek Sosiologi Psikhologi
b. Aspek Sosial Budaya
c. Aspek Sosial Ekonomi
d. Aspek Sosial Politik

Masalah dan Potensi Generasi Muda

1. Permasalahan Generasi Muda
    Berbagai permasalahan generasi yang muncul pada saat ini antara lain :
a. Menurunnya jiwa idealisme, patriotisme, dan nasionalisme dikalangan         masyarakat, termasuk jiwa pemuda.
b. Kekurangpastian yang dialami oleh generasi muda terhadap masa depannya.
c. Belum seimbangnya antara jumlah generasi muda dengan fasilitas pendidikan yang tersedia, baik formal dan informal. Tinggimya jumlah putus sekolah yang tidak hanya merugikan generasi muda sendiri, tetapi juga merugikan bangsa.
d. Kekurangan lapangan dan kesempatan kerja serta tingginya tingkat pengangguran dan setengah pengangguran dikalangan generasi muda mengakibatkan berkurangnya produktivitas nasional dan memperlambat kecepatan laju perkembangan pembangunan nasional serta dapat menimbulkan berbagai problem sosial lainnya.
e. Kurangnya gizi yang menghambat perkembangan kecerdasan, dan pertumbuhan.
f. Masih banyaknya perkawinan dibawah umur.
g. Pergaulan bebas yang membahayakan sendi-sendi moral bangsa.
h. Merebaknya penggunaan NAPZA dikalangan remaja.
i. Belum adanya peraturanm perundangan yang menyangkut generasi muda.
Dalam rangka memecahkan permasalahan generasi muda diatas, diperlukan usaha-usaha terpadu, terarah dan berencana dari seluruh potensi nasional dengan melibatkan generasi muda sebagai subjek pembangunan. Organisasi-organisasi pemuda yang telah berjalan baik merupakan potensi yang siap untuk dilibatkan dalam kegiatan pembangunan nasional.

2. Potensi-potensi Generasi Muda
Potensi-potensi yang terdapat pada generasi muda yang perlu dikembangkan adalah sebagai berikut :
a. Idealisme dan Daya Kritis
Secara sosiologis generasi muda belum mapan dalam tatanan yang ada, sehingga ia dapat melihat kekurangan dalam tatanan dan secara wajar mampu mencari gagasan baru. Pengejawantahan idealisme dan daya kritis perlu dilengkapi landasan rasa tanggung jawab yang seimbang.
b. Dinamika dan Kreativitas
Adanya idealisme pada generasi muda, menyebabkan mereka memiliki potensi kedinamisan dan kreativitas, yakni kemampaun dan kesediaan untuk mengadakan perubahan, pembaharuan, dan penyempurnaan kekurangan yang ada ataupun mengemukakan gagasan yang baru.
c. Keberanian Mengambil Resiko
Perubahan dan pembaharuan termasuk pembangunan, mengandung resiko dapat meleset, terhambat atau gagal. Namun, mengambil resiko itu diperlukan jika ingin memperoleh kemajuan. Generasi muda dapat dilibatkan pada usaha-usaha yang mengandung resiko. Untuk itu diperlukan kesiapan pengetahuan, perhitungan, dan keterampilan dari generasi muda sehingga mampu memberi kualitas yang baik untuk berani mengambil resiko.
d. Optimis dan Kegairahan Semangat
Kegagalan tidak menyebabkan generasi muda patah semangat. Optimisme dan kegairahan semangat yang dimiliki generasi muda merupakan daya pendorong untuk mencoba lebih maju lagi.
e. Sikap Kemandirian dan Disiplin Murni
Generasi muda memiliki keinginan untuk selalu mandiri dalam sikap dan tindakannya. Sikap kemandirian itu perlu dilengkapi dengan kesadaran disiplin murni pada dirinya agar mereka dapat menyadari batas-batas yang wajar dan memiliki tenggang rasa.
f. Terdidik
Walaupun dengan memperhitungkan faktor putus sekolah, secara menyeluruh baik dalam arti kualitatif maupun dalam arti kuantitatif, generasi muda secara relatif lebih terpeljar karena lebih terbukanya kesempatan belajar dari generasi pendahulunya.
g. Keanekaragaman dalam Persatuan dan Kesatuan.
Keanekaragaman generasi muda merupakan cermin dari keanekaragaman masyarakat kita. Keanekaragaman tersebut dapat menjadi hambatan jika dihayati secara sempit dan eksklusif. Akan tetapi, keanekaragaman masyarakat Indonesia merupakan potensi dinamis dan kreatif jika ditempatka dalam kerangka integrasi nasional yang didasarkan pada semangat sumpah pemuda serta kesamaan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.
h. Patriotisme dan Nasionalisme
Pemupukan rasa kebanggaan, kecintaan, dan turut serta memiliki bangsa dan negara dikalangan generasi muda perlu digalakkan karena pada gilirannya akan mempertebal semangat pengabdian dan kesiapan mereka untuk membela dan mempertahankan NKRI dari segala bentuk ancaman. Dengan tekad dan semangat ini, generasi muda perlu dilibatkan dalam setiap usaha dan pemantapan ketahanan dan pertahanan nasional.
i. Sikap Kesatria
Kemurnian idealisme, keberanian, semangat pengabdian dan pengorbanan serta rasa tanggung jawab sosial yang tinngi adalah unsur-unsur yang perlu dipupuk dan dikembangkan dikalangan generasi muda Indonesia sebagai pembela dan penegak kebenaran dan keadilan bagi masyarakat dan bangsa.
j. Kemampuan Penguasaan Ilmu dan Teknologi
Generasi muda dapat berperan secara berdaya guna dalam rangka pengembangan ilmu dan teknologi bila secara fungsional dapat dikembangkan sebagai Transformator dan Dinamisator terhadap lingkungannya yang lebih terbelakang dalam ilmu dan pendidilkan serta penerapan teknologi, baik yang maju, maupun yang sederhana.



KESIMPULAN

Pemuda merupakan satu identitas yang potensial sebagai penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani bagi pembangunan Negara bangsa dan agama. Selain itu pemuda/mahasiswa mempunyai peran sebagai pendekar intelektual dan sebagai pendekar social yaitu bahwa para pemuda selain mempunyai ide-ide atau gagasan yang perlu dikembangkan selain itu juga berperan sebagai perubah Negara dan bangsa ini. Oleh siapa lagi kalau bukan oleh generasi selanjutnya maka dari itu para pemuda harus memnpunyai ilmu yang tinggi dengan cara sekolah atau dengan yang lainnya, dengan begitu bangsa ini akan maju aman dan sentosa.
Masa depan suatu bangsa terletak di tangan pemuda atau generasi mudanya sebab merekalah yang akan menggantikan generasi sebelumnya dalam memimpin bangsa. Oleh karena itu, generasi muda perlu diberi bekal berupa ilmu pengetahuan yang sesuai dengan tuntutan zaman, serta tetap menjaga budaya bangsanya.




DAFTAR PUSTAKA

Abdullah, taufik, Pemuda dan Perubahan Social, LP3ES, Jakarta, 1974.
Bayo ala, Andre, Krisis Sosialisasi Politik, Majalah Mahasiswa, No. 32 Tahun VI, November 1982.
Chilcote, Ronald H, Theories of Comparative Politics, A Search for a Paradigm, Westview Press, Boulder Colorado, 1981.