Minggu, 09 Oktober 2016

Pelatihan Teknologi Sistem Cerdas




PENGERTIAN SISTEM CERDAS

Sistem cerdas adalah sistem yang dapat mengadopsi sebagaian kecil dari tingkat kecerdasan manusia untuk berinteraksi dengan keadaan eksternal suatu sistem. Sebagian kecil dari tingkat kecerdasan itu antara lain: kemampuan untuk dilatih, mengingat kembali kondisi yang pernah dialami, mengolah data-data untuk memberikan aksi yang tepat sesuai yang telah diajarkan, dan kemampuan menyerap kepakaran seorang ahli melalui perintah yang dituliskan dalam sebuah bahasa pemrograman tertentu.Kecerdasan Buatan atau kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau Intelegensi Artifisial didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain :

a.      Sistem Pakar
Sistem Pakar adalah Suatu bidang dari ilmu kecerdasan buatan dalam kaitannya dengan sistem pendukung keputusan yang dirancang dengan memasukkan unsur-unsur keahlian dari satu atau beberapa orang pakar kedalam suatu konsep terprogram (code base concept) dalam rangka pengambilan keputusan. Suatu sistem dikatakan sistem pakar apabila memiliki ciri-ciri sebagai berikut (Kusumadewi, 2003):

1. Terbatas pada domain keahlian tertentu
2. Dapat memberikan penalaran untuk data-data yang tidak pasti
3. Dapat mengemukakan rangkaian alasan-alasan yang diberikannya dengan cara yang dapat dipahami
4. Berdasarkan pada kaidah atau rule tertentu
5. Dirancang untuk dikembangkan sacara bertahap
6. Keluarannya atau output bersifat anjuran.

Keuntungan sistem pakar :

o    Memungkinkan orang awam bisa mengerjakan pekerjaan para ahli
o    Dapat melakukan proses secara berulang secara otomatis
o    Menyimpan pengetahuan dan keahlian para pakar
o    Meningkatkan output dan produktivitas
o    Meningkatkan kualitas
o    Mampu mengambil dan melestarikan keahlian para pakar
o    Memiliki realibilitas
o    Meningkatkan kapabilitas system computer
o    Memiliki kemampuan untuk bekerja dengan informasi yang tidak lengkap dan   mengandung ketidakpastian
o   Sebagai media pelengkap dalam pelatihan
o   Meningkatkan kapabilitas dalam penyelesaian masalah
o   Menghemat waktu dalam pengambilan keputusan

Kelemahan sistem pakar :

o   Biaya yang diperlukan untuk membuat dan memeliharanya sangat mahal
o   Sulit dikembangkan. Hal ini erat kaitannya dengan ketersediaan pakar dalam bidangnya
o   Sistem pakar tidak 100% bernilai benar

.b.      Permainan Komputer (games)
Game komputer merupakan permainan komputer yang dibuat dengan teknik, metode animasi dan imajinasi dari pembuatnya . Game sangat asik dimainkan jika dalam susana jenuh atau bosan,  tapi apakah  anda  tau bahwa  game  bukan  hanya sekedar  permainan yang asik dimainkan saja tetapi game bisa juga dikatakan sebuah media yang mengenalkan anak-anak pada komputer   dan   elektronik   serta  media   yang   dapat   membantu   kecerdasan   anak.

c.       Logika Fuzzy
Logika Fuzzy adalah peningkatan dari logika Boolean yang berhadapan dengan konsep kebenaran sebagian. Saat logika klasik menyatakan bahwa segala hal dapat diekspresikan dalam istilah biner (0 atau 1, hitam atau putih, ya atau tidak), logika fuzzy menggantikan kebenaran boolean dengan tingkat kebenaran. Logika Fuzzy memungkinkan nilai keanggotaan antara 0 dan 1, tingkat keabuan dan juga hitam dan putih, dan dalam bentuk linguistik, konsep tidak pasti seperti "sedikit", "lumayan", dan "sangat". Logika ini berhubungan dengan set fuzzy dan teori kemungkinan. Logika fuzzy diperkenalkan oleh Dr. Lotfi Zadeh dari Universitas California, Berkeley pada 1965.

d.      Jaringan syaraf tiruan dan robotika.
Jaringan Syaraf Tiruan banyak digunakan untuk aplikasi pengenalan pola (pattern recognition). Kemampuan untuk pembelajaran dari data pelatihan dan generalisasi ke situasi/kondisi yang baru adalah alasan mendasar mengapa JST banyak digunakan. Hasil yang di harapkan adalah suatu sistem kendali robot yang efektif hanya dengan menggunakan suara manusia. Suara manusia yang masuk akan dikenali oleh JST dan diubah menjadi suatu karakter ASCII yang dapat dikenali oleh robot kemudian dikirimkan melalui komunikasi serial ke robot. Dalam aplikasi ini pengenalan ucapan meliputi lima kata, diantaranya maju, mundur, kanan, kiri dan stop. Mula-mula sinyal suara direkam dalam bentuk file *.wav. Kemudian sinyal suara analog dicuplik menjadi sinyal digital dengan kecepatan cuplik 8000 Hz. Untuk proses ekstraksi parameter suara digunakan metode Linear Predictive Coding (LPC) untuk mendapatkan koefisien cepstralBanyak hal yang kelihatannya sulit untuk kecerdasan manusia, tetapi untuk Informatika relatif tidak bermasalah. Seperti contoh: mentransformasikan persamaan, menyelesaikan persamaan integral, membuat permainan catur atau Backgammon. Di sisi lain, hal yang bagi manusia kelihatannya menuntut sedikit kecerdasan, sampai sekarang masih sulit untuk direalisasikan dalam Informatika. Seperti contoh: Pengenalan Obyek/Muka, bermain sepak bola.Walaupun AI memiliki konotasi fiksi ilmiah yang kuat, AI membentuk cabang yang sangat penting pada ilmu komputer, berhubungan dengan perilaku, pembelajaran dan adaptasi yang cerdas dalam sebuah mesin. Penelitian dalam AI menyangkut pembuatan mesin untuk mengotomatisasikan tugas-tugas yang membutuhkan perilaku cerdas. Termasuk contohnya adalah pengendalian, perencanaan dan penjadwalan, kemampuan untuk menjawab diagnosa dan pertanyaan pelanggan, serta pengenalan tulisan tangan, suara dan wajah. Hal-hal seperti itu telah menjadi disiplin ilmu tersendiri, yang memusatkan perhatian pada penyediaan solusi masalah kehidupan yang nyata. Sistem AI sekarang ini sering digunakan dalam bidang ekonomi, obat-obatan, teknik dan militer, seperti yang telah dibangun dalam beberapa aplikasi perangkat lunak komputer rumah dan video game.

SEJARAH

Pada awal abad 17, René Descartes mengemukakan bahwa tubuh hewan bukanlah apa-apa melainkan hanya mesin-mesin yang rumit. Blaise Pascal menciptakan mesin penghitung digital mekanis pertama pada 1642. Bertrand Russell dan Alfred North Whitehead menerbitkan Principia Mathematica, yang merombak logika formal.Warren McCulloch dan Walter Pitts menerbitkan "Kalkulus Logis Gagasan yang tetap ada dalam Aktivitas " pada 1943 yang meletakkan pondasi untuk jaringan syaraf.Tahun 1950-an adalah periode usaha aktif dalam AI. Program AI pertama yang bekerja ditulis pada 1951 untuk menjalankan mesin Ferranti Mark I di University of Manchester (UK): sebuah program permainan naskah yang ditulis oleh Christopher Strachey dan program permainan catur yang ditulis oleh Dietrich Prinz. John McCarthy membuat istilah "kecerdasan buatan " pada konferensi pertama yang disediakan untuk pokok persoalan ini, pada 1956. Dia juga menemukan bahasa pemrograman Lisp. Alan Turing memperkenalkan "Turing test" sebagai sebuah cara untuk mengoperasionalkan test perilaku cerdas. Joseph Weizenbaum membangun ELIZA, sebuah chatterbot yang menerapkan psikoterapi Rogerian.Selama tahun 1960-an dan 1970-an, Joel Moses mendemonstrasikan kekuatan pertimbangan simbolis untuk mengintegrasikan masalah di dalam program Macsyma, program berbasis pengetahuan yang sukses pertama kali dalam bidang matematika. Marvin Minsky dan Seymour Papert menerbitkan Perceptrons, yang mendemostrasikan batas jaringan syaraf sederhana dan Alain Colmerauer mengembangkan bahasa komputer Prolog. Ted Shortliffe mendemonstrasikan kekuatan sistem berbasis aturan untuk representasi pengetahuan dan inferensi dalam diagnosa dan terapi medis yang kadangkala disebut sebagai sistem pakar pertama. Hans Moravec mengembangkan kendaraan terkendali komputer pertama untuk mengatasi jalan berintang yang kusut secara mandiri.Pada tahun 1980-an, jaringan syaraf digunakan secara meluas dengan algoritma perambatan balik, pertama kali diterangkan oleh Paul John Werbos pada 1974. Tahun 1990-an ditandai perolehan besar dalam berbagai bidang AI dan demonstrasi berbagai macam aplikasi. Lebih khusus Deep Blue, sebuah komputer permainan catur, mengalahkan Garry Kasparov dalam sebuah pertandingan 6 game yang terkenal pada tahun 1997. DARPA menyatakan bahwa biaya yang disimpan melalui penerapan metode AI untuk unit penjadwalan dalam Perang Teluk pertama telah mengganti seluruh investasi dalam penelitian AI sejak tahun 1950 pada pemerintah AS.Tantangan Hebat DARPA, yang dimulai pada 2004 dan berlanjut hingga hari ini, adalah sebuah pacuan untuk hadiah $2 juta dimana kendaraan dikemudikan sendiri tanpa komunikasi dengan manusia, menggunakan GPS, komputer dan susunan sensor yang canggih, melintasi beberapa ratus mil daerah gurun yang menantang.

CONTOH PENERAPAN SISTEM CERDAS

Ternyata sistem banyak diterapkan dibidang-bidang, contohnya :
1.            Penerapan Sistem pakar dalam Industri / Manufaktur
·         System Pakar Dalam Perencanaan Wood Trus fabrication Application merupakan contoh system pakar dalam proses perencanaan. System ini dibuat dengan menggunakan shell sitem pakar SPS (Semi Intelligent Process Selector).
·         Sistem Pakar Dalam Perancangan PRIDE(Pinch Roll Interactive Design Expert / Environment). Sistem pakar ini digunakan untuk merancang system pengaturan kertas untuk mesin fotocopy.
·         Sistem Pakar Dalam Penjadwalan
2.            Sistem Pakar di bidang Manajerial
2.1          Analisis

a) Interpretasi
• Analisa pasar untuk komoditi tertentu
• Identifikasi media iklan yang sesuai
• Identifikasi kebutuhan pelatihan

b) Diagnostik
• Diagnosa kelesuan perusahaan dan usaha penyembuhan

2.2  Sintesa
o Penarikan tenaga kerja
o Strategi penentuan harga
o Strategi pengembangan produk
2.3  Integrasi
o Prediksi perkembangan nilai pada bursa saham efek
3.            Sistem Pakar di Bidang Hankam
·         Mmbantu pertahanan sebuah instansi atau bahkan Negara.
·         Membantu dalam sistem keamanan yang terbatas dapat dilakukan oleh manusia.
·         Mengurangi penyalahgunaan alat yang penting .
4.            Sistem Pakar di Bidang Ekonomi
·         Mampu mengambil keputusan
·         Langkah-langkah pengambilan keputusan jelas
·         Mudah dikembangkan lebih lanjut
·         Memberikan solusi tepat waktu
·         Menyimpan pengetahuan


Sumber :

https://www.scribd.com/doc/77505257/Aplikasi-Sistem-Cerdas
inilohh.blogspot.com/.../peng-teknologi-sistem-cerdas
http://www.academia.edu/7510106/77505257-Aplikasi-Sistem-Cerdas

Selasa, 08 Desember 2015

TUGAS_TEORI ORGANISASI UMUM (Pengambilan keputusan)

Pengambilan Keputusan dalam Hidup.



1. Tahu tujuanmu.


Kalau kamu ingin pergi, kamu harus tahu ke mana kamu hendak pergi. Dengan adanya tujuan/ motivasi/ target yang jelas, bisa kita pastikan langkah yang kita ambil tidak akan melenceng. Sebelum membuat keputusan, tanyalah kepada diri sendiri: apa langkah ini membuat saya semakin dekat dengan tujuan saya?

Tujuan saya pergi bukan sekedar untuk menghadiri kelas lanjutan QHHT (Quantum Healing Hypnosis Therapy). Saya pergi supaya bisa menjadi pelayan yang lebih mumpuni, sehingga kemudian bisa menjadi saluran cinta dan cahaya bagi siapapun di sekitar saya. Tujuan saya sangat pasti dan sangat jelas.


2. Mulailah sebelum kamu siap


Kamu tidak akan pernah merasa benar-benar siap. Jadi, mulailah saja. Dengan mengatakan “ya” pada sesuatu yang baru, seluruh dirimu mau tidak mau akan naik ke jenjang berikutnya dan akan siap juga pada akhirnya. Ketakutan hanya terasa nyata bagi mereka yang belum mengambil langkah.

Walaupun belum sepenuhnya siap, tentu saya harus memulai dengan persiapan. Namun, ketika saya mengatakan “ya” kepada dunia, energi dalam diri saya telah berkobar. Saat itu jugalah, proses manifestasi telah bekerja.


3. Hidup dengan penuh keyakinan!


Kerjakan SEGALA hal dengan keyakinan bahwa kita sedang memenuhi panggilan jiwa kita di dunia ini. Bersiap-siaplah selalu sehingga nanti kita siap ketika hal yang lebih besar dihadiahkan kepada kita.

Saya yakin 100% terhadap misi hidup saya dan terhadap para ilahi. Karena itulah, walaupun lewat kacamata manusia kondisi saya seakan terbatas, keyakinan membuat saya BERANI melampaui batas diri sendiri dan di sinilah kemudian saya menemukan kekuatan saya yang sesungguhnya.


4. Biarkan keberlimpahan mengalir melaluimu


Ketika kamu tahu siapa dirimu yang sejati, kamu tahu bahwa segala hal menjadi memungkinkan. Kita adalah bagian dari Tuhan dan Alam Semesta yang luas dan luar biasa.

Saya berkata kepada diri sendiri untuk tidak membiarkan ego (pikiran sadar) saya menghalangi keberlimpahan yang bisa terjadi. Saat saya berhasil memeluk rasa takut dan menyadari keilahian dalam diri sendiri, saat itu jugalah segala pintu kemudahan terbuka.


5. Lakukan yang terbaik, lalu berserah apapun hasilnya.


Kepahitan dialami ketika kita melekat pada hasil, ketika kita merasa sudah sepantasnya kita mendapatkan imbalan/ kesuksesan dari hasil kerja keras kita. Namun, apabila kita berserah, kita menjadi bebas.

blog.8share.com/id/5-pelajaran-penting-saat-mengambil-keputusan-sulit-dalam-hidup

Selasa, 10 November 2015

TEAM WORK (Organisasi Umum)



MNC GRUP

PT Media Nusantara Citra Tbk (IDX: MNCN), lebih dikenal dengan nama MNC saja merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang media yang berpusat di Jakarta, Indonesia, didirikan pada tahun 1997.
Satu dekade kemudian, 22 Juni 2007 perusahaan ini resmi melantai di bursa saham dengan kode emiten atau ticker MNCN.
Saat ini, mayoritas saham digenggam oleh Global Mediacom dengan porsi saham sekitar 65,12% dan masyarakat sekitar 34,9%[2] Saham MNC terhitung liquid dan memiliki tren peningkatan signifikan dari tahun ke tahun [3]
Di luar hal tersebut MNC Group juga memiliki indeks harga saham bernama Indeks MNC36. Indeks tersebut terdiri dari 36 emiten terpilih yang tercatat di BEI. Berdasarkan Price Earning Ratio (PER), Operating Profit Margin (OPM), Debt Equity Ratio (DER), Price Book To Value (PBV) tertinggi dalam IHSG. Metode penghitungan Indeks MNC36 menggunakan pembobotan berdasarkan kapitalisasi pasar.
Peluncuran Indeks MNC36 bertujuan menjadi salah satu indikator bagi investor untuk berinvestasi saham di BEI sehingga investor dapat berinvestasi pada saham-saham emiten yang memiliki kinerja fundamental yang baik, kapitalisasi pasar yang besar, serta rasio keuangan yang positif [4]
Berdasarkan Anggaran Dasar Perseroan,yang tercatat di Bursa Efek Indonesia, MNC bergerak dibidang perdagangan umum, pembangunan, perindustrian, pertanian, pengangkutan, percetakan, multimedia melalui perangkat satelit dan perangkat telekomunikasi lainnya, jasa dan investasi.
Bisnis utama perseroan saat ini adalah media. Sumber pendapatan terbesar MNCN berasal dari tiga media televisi nasional yaitu RCTI, Global TV, dan MNCTV. Ketiga stasiun televisi nasional tersebut menawarkan acara beragam seperti film-film box office, acara olahraga, pencarian bakat, reality show, acara musik, berita, infotainment.

OVERVIEW

PT Media Nusantara Citra Tbk (MNC atau “Perseroan”) adalah perusahaan media terbesar dan terintegrasi di Indonesia. Operasional Perseroan terdiri dari basis media yang lengkap yang memberikan solusi iklan yang menyeluruh kepada semua pelanggan iklan. Bisnis inti MNC terdiri dari penyiaran TV
nasional Free-To-Air (FTA) dan bisnis konten. Sementara bisnis pendukung meliputi media cetak, online dan radio.

Sejarah dan Latar Belakang

PT Media Nusantara Citra, Tbk. ("MNC") terdiri dari berbagai unit bisnis yang terlindung dan dikelola di bawah payung perusahaan induk untuk membuat grup media bisnis terpadu yang dinamis, inovatif dan memanfaatkan pada keunggulan kompetitif dalam sinergi untuk mengatasi setiap tantangan yang sangat kompetitif industri media. MNC melakukan IPO pada 22 Juni 2007 dengan menawarkan 4.125.000.000 saham yang mewakili 30% (20% adalah saham baru) dari saham yang diterbitkan pada Rp900 per saham share.MNC dicatatkan pada Bursa Efek Indonesia, dengan kepemilikan mayoritas dan kendali oleh PT Global Mediacom, Tbk ("MNC Group"). Saat ini, MNC merupakan perusahaan multimedia terintegrasi yang terkemuka di Indonesia. MNC mencapai posisi ini dengan menerapkan strategi yang efektif dan dihitung yang menghasilkan nilai bagi Perusahaan dan pemegang saham.

Visi dan Misi

Visi
Menjadi grup media dan multimedia yang terintegrasi, dengan fokus pada penyiaran televisi dan konten berkualitas yang disiarkan melalui teknologi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Misi
Memberikan konsep hiburan keluarga terlengkap dan menjadi sumber berita dan informasi terpercaya di Indonesia.

 

Corporate History And Milestones

1989
            RCTI mulai beroperasi sebagai stasiun televisi swasta nasional pertama di Indonesia. RCTI kemudian menjadi unit bisnis utama TV nasional FTA bagi MNC setelah diakuisisi oleh MNC pada tahun 2004.

1991
            MNCTV (d/h TPI) beroperasi sebagai stasiun TV swasta nasional ketiga di Indonesia.

1997
            MNC didirikan sebagai perusahaan induk media.
2001
            MNC mengakuisisi saham Global TV.

2002
            MNC meluncurkan Global TV dengan format baru melalui siaran eksklusif program-program MTV Asia selama 24 jam.
MNC mengakuisisi RCTI.

2004
            MNC melakukan strategi untuk fokus membangun pustaka konten melalui produksi sendiri (in-house) dan akuisisi program. MNC berkomitmen untuk
mengembangkan pustaka konten melalui investasi berkelanjutan.

2005
            Global TV mengganti formatnya dari hanya menyiarkan program MTV kemudian memperluas cakupannya untuk pangsa pasar anak muda dan keluarga.
MNC meningkatkan kepemilikan sahamnya di Global TV menjadi 100%.
PT Media Nusantara Informasi (MNI) meluncurkan koran Seputar Indonesia.
PT MNC Networks diluncurkan dengan menyiarkan empat format radio yaitu SINDO Radio (d/h Trijaya FM), Radio Dangdut Indonesia, V-Radio and Global Radio. MNC Networks merupakan jaringan radio terbesar di Indonesia.
MNC mengakuisisi MNI Global, perusahaan yang menerbitkan tabloid mingguan infotainment, Genie.

2006
            MNC memulai usaha di bidang Jasa Nilai Tambah untuk pemirsa TV (SMS Call TV).
Setelah memperoleh kesepakatan eksklusif dengan VH-1, Global TV mulai menyiarkan program anak-anak Nickelodeon, selama delapan jam setiap hari.
MNC News dan MNC Entertainment diluncurkan yang merupakan 2 channel baru yang di produksi keseluruhannya oleh Bisnis Konten MNC untuk ditayangkan di pay TV.
MNC Entertainment, sebuah saluran televisi diproduksi sepenuhnya oleh unit Bisnis MNC Konten diluncurkan pada MSV yang Indovison - berbasis langganan satelit Grup layanan televisi.
MNC mengakuisisi 75% saham TPI (berganti nama dan diluncurkan kembali sebagai MNCTV di 2010).
MNC,meluncurkan tabloid Mom&Kiddie.
MNC BV memberikan jaminan obligasi kepada investor internasional dengan nilai nominal US$168 juta.
MNC started commercial operations of Value Added Services (SMS Call TV).

2007
            MNC meluncurkan media online pertama di www.okezone.com, yang merupakan situs khusus berita dan hiburan.
MNC melaksanakan Penawaran Umum Perdana dan mendaftarkan saham di Bursa Efek Indonesia.
MNC membeli kembali US$25 juta dari total US$168 juta Eurobond di harga 101%.
MNC menandatangani perjanjian dengan Linktone Ltd. (NASDAQ: LTON) untuk membeli tidak kurang dari 51% saham Linktone yang beredar melalui kombinasi dari penawaran tender pada saham American Depository Shares (ADSs) dan penerbitan saham baru.

2008
            MNC The Indonesian Channel (sekarang disebut dengan MNC International) diluncurkan yang di targetkan pada masyarakat Indonesia yang berada di
luar negeri RCTI menyelesaikan pinjaman obligasi sebesar Rp220 miliar.
MNC membagikan dividen sebesar Rp5 per saham, dengan total dividen sebesar Rp68,75 miliar.

2009
            Linktone Ltd dan MNC VAS mengumumkan kerjasama untuk jasa digital di Indonesia.
Koran harian MNC Seputar Indonesia dan tabloid Genie meluncurkan logo dan format design baru.
MNC dan enam perusahaan media terkemuka di Asia Tenggara membentuk SMART Alliance, merupakan komunitas perusahaan media yang bergabung untuk menciptakan dan memberikan keuntungan komersil bagi para anggotanya.
Perubahan nama kantor MNC dari “Menara Kebon Sirih” menjadi “MNC Tower”.
MNC melakukan perubahan logo perusahaan.
MNC membagikan dividen untuk tahun fiskal 2008 sebesar Rp5 per saham, dengan total dividen sebesar Rp 68,15 miliar.

2010
            Linktone Ltd. mengakuisisi saham di Letang Game Ltd., perusahaan swasta yang berbasis di RRC yang bergerak khusus di bidang mobile games dan online PC games.
MNC bersama Linktone Ltd menyelesaikan akuisisi terhadap 75% saham biasa dalam modal saham InnoForm Media Pte Ltd.
Mahkamah Agung menolak permohonan peninjauan kembali dari Crown Capital Global Limited (“CCGL”).
Keputusan tersebut menguatkan keputusan Mahkamah Agung pada tanggal 15 Desember 2009 untuk membatalkan keputusan pailit TPI (sekarang MNCTV)
yang dikeluarkan oleh Pengadilan Niaga. Permohonan peninjauan kembali ke Mahkamah Agung merupakan upaya hukum CCGL yang terakhir untuk mempailitkan TPI. Keputusan Mahkamah Agung secara efektif menutup kemungkinan usaha-usaha di kemudian hari oleh CCGL untuk memohon kepada pengadilan untuk kasus yang sama melawan TPI.
Majalah Just For Kids diluncurkan.
TPI berubah nama menjadi MNCTV pada tanggal 20 Oktober 2010.
MNC Networks meluncurkan V-Radio.

2011
            Saban Capital Group, perusahaan swasta yang khusus berinvestasi di bidang media, yang berkantor di Los Angeles, mengakuisisi 5% saham MNC dengan opsi penambahan sebanyak 2,5% dalam kurun waktu 27 bulan.
Perubahan nama dan peluncuran stasiun lokal TV SunTV menjadi “SINDOTV”.
“Trijaya FM” yang dimiliki oleh MNC Networks diluncurkan kembali menjadi “SINDO Radio”.
Meluncurkan strategi media untuk pasar lokal dengan nama SINDO Media 5-in-1, sebagai terobosan baru dalam mensinergikan beragam media platform (TV,
radio, media cetak seperti koran & majalah, dan internet) untuk lebih menargetkan pada pemirsa lokal.
Meluncurkan channel baru “MNC Muslim” yang merupakan saluran dengan nuansa nilai-nilai dan gaya hidup Islami.
MNC meluncurkan channel baru dalam bahasa Inggris yaitu “MNC Business English Program” ditayangkan di pay TV.
MNC Sports1 dan MNC Sports2 diluncurkan.

Organization Structure

http://mnc.co.id/data/editor/images/Corporate%20Structure%20MNC.jpg

 

Board of Directors & Commissioners Charter

BOD Charter

            Direksi adalah Organ Perseroan yang berwenang dan bertanggung jawab penuh atas pengelolaan Perseroan untuk kepentingan Perseroan, sesuai dengan Visi, Misi dan Tujuan Perseroan.
Anggota Direksi diangkat oleh RUPS untuk jangka waktu tertentu dan dapat diangkat kembali. Anggaran Dasar Perseroan mengatur tata cara pengangkatan, penggantian, dan pemberhentian anggota Direksi dan juga mengatur tata cara pencalonan anggota Direksi.
Pembagian tugas dan wewenang pengurusan diantara anggota direksi ditetapkan berdasarkan keputusan RUPS, dalam hal RUPS tidak menetapkan maka pembagian tugas dan wewenang anggota Direksi ditetapkan berdasarkan keputusan Rapat Direksi.  detail

BOC Charter

Dewan Komisaris adalah Organ Perseroan yang bertugas melakukan pengawasan secara umum dan / atau khusus sekaligus memberi nasihat kepada Direksi sesuai dengan anggaran dasar Perseroan.
Dewan Komisaris terdiri dari Komisaris dan Komisaris Independen. Persyaratan Dewan Komisaris adalah yang memenuhi persyaratan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk peraturan perundang-undangan di bidang Pasar Modal.
Anggota Dewan Komisaris diangkat oleh RUPS untuk jangka waktu tertentu dan dapat diangkat kembali. Anggaran Dasar Perseroan mengatur tata cara pengangkatan, penggantian, dan pemberhentian anggota Dewan Komisaris dan juga mengatur tata cara pencalonan anggota Direksi

Code of Conduct

Kewajiban Perseroan

Penerapan Hubungan Kerja yang Adil
Perseroan berketetapan sepenuhnya pada penerapan kondisi hubungan kerja yang setara dan adil. Rencana pengembangan Karyawan selalu didasari atas bakat dan kinerja. Perseroan bersama dengan Karyawan harus menciptakan dan menyediakan iklim kerja yang produktif, inovatif, adil dan menyenangkan bagi kesuksesan organisasi dan juga bagi pertumbuhan kemampuan karir, dan kesejahteraan seluruh Karyawan. Menindak para Karyawan yang melaporkan adanya pelaksanaan hubungan kerja yang tidak adil, adalah hal yang dilarang.

Internal Audit Unit

Perseroan memiliki Unit Audit Internal sebagaimana diwajibkan dalam Peraturan No.IX.I.7, Lampiran Keputusan Ketua Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan No.Kep-496/BL/2008 tanggal 28 November 2008 tentang Pembentukan dan Pedoman Penyusunan Piagam Unit Audit Internal. Unit Audit Internal bersifat independen dengan tugas memberikan penilaian yang objektif(objective assurance) dan aktivitas konsultasi, dengan tujuan untuk memberikan nilai tambah dan meningkatkan operasional Perseroan, melalui pendekatan yang sistematis dan konsisten, dengan cara mengevaluasi dan meningkatkan efektivitas sistem pengendalian internal, manajemen risiko dan proses GCG Perseroan dan unit-unit usaha.


Social Commitment

Selain memberikan konsep hiburan dan informasi bagi bangsa, MNC dan anak perusahaan telah memfasilitasi sarana bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam membantu orang malang dan membutuhkan. Kegiatan adalah dalam bentuk kegiatan sosial perusahaan.
MNC, melalui anak perusahaan, telah menetapkan berbagai program sosial, di mana dana dari masyarakat di seluruh nusantara dibagikan kepada mereka yang membutuhkan. Dana
dikumpulkan dan disalurkan langsung kepada yang membutuhkan. Sementara, biaya distribusi, termasuk biaya produksi acara, ditanggung sepenuhnya oleh Perusahaan.
RCTI Peduli
            RCTI Peduli (RCTI Care) adalah program penggalangan dana yang mengumpulkan dana dari pemirsa RCTI untuk dibagikan kepada masyarakat kurang mampu di Indonesia. Distribusi dana dalam program ini dibagi menjadi dua kategori besar, yaitu bencana alam dan bantuan sosial. Aids didistribusikan antara lain sebagai berikut:

Bencana Alam
Mentawai Tsunami Bantuan di Kepulauan Mentawai. RCTI Peduli menyalurkan Rp45 juta nilai bantuan dari pemirsa RCTI untuk korban Tsunami di Kepulauan Mentawai. Alat bantu adalah dalam bentuk pakaian, selimut, tikar plastik dan perlengkapan sekolah.

Sektor Kesehatan

RCTI Peduli melakukan pengobatan gratis bagi masyarakat di Jambi.

Sektor Pendidikan
RCTI Peduli bekerjasama dengan Nusa Tenggara Center Foundation Mataram, dibantu pada renovasi fasilitas pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah BL Raudlatussibyan di Desa Belencong, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok,
Nusa Tenggara Barat.
RCTI Peduli diresmikan dan diserahkan tiga bangunan sekolah di Padang, Sumatera Barat. Tiga sekolah adalah: Tabing Bandar Gadang Negara Sekolah Dasar 14, Tanjung Aur Sekolah Dasar Negeri 16 dan Mata Air Barat Sekolah Dasar Negeri 39.

Sektor Kesejahteraan
Jalinan Kasih RCTI
Jalinan Kasih adalah non-komersial RCTI program yang bertujuan untuk mengumpulkan dana dari masyarakat dan menyalurkannya kepada masyarakat yang membutuhkan. Jalinan Kasih mengkhususkan diri dalam memberikan perhatian medis.

REFRENSI :

Senin, 28 September 2015

Sejarah Komunikasi

Teknologi komunikasi

Teknologi Komunikasi adalah peralatan perangkat keras (hardware) dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses dan saling tukar menukar informasi dengan individu-individu lain.

Masa Prasejarah.

Pada masa prasejarah manusia telah menggunakan dan mengembangkan berbagai bentuk komunikasi dan informasi. Manusia mencoba menggunakan teknologi komunikasi berupa gambar yang menceritakan pengalaman kegiatan berburu pada dinding-dinding gua, menggunakan isyarat berupa bunyi untuk berkomunikasi dengan sesama dengan menggunakan genderang, terompet, api dan asap untuk menyampaikan pesan jarak jauh. Contoh karakter huruf yang digunakan pada masa ini adalah piktograf dan hierogliph.

Masa Sejarah.

Penemuan kertas oleh bangsa Cina menjadi tanda perkembangan bahasa tulis dan cikal bakal kertas saat ini. Pada masa ini, kertas terbuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci kemudian diratakan dan dikeringkan. Dengan ditemukannya kertas, muncul teknologi percetakan dengan menggunakan balok kayu yang dilumuri tinta dan dicapkan pada kertas.

Teknologi komunikasi dan media baru.

Teknologi komunikasi memberikan dampak kuat bagi perkembangan media. Kegiatan manusia tak lepas dari produk teknologi komunikasi dan media akibat pengaruh dari perkembangan teknologi. Manusia semakin membutuhkan untuk berkomunikasi dengan orang lain dengan menggunakan perangkat teknologi media baru. Media tidak hanya dalam bentuk media massa dan media elektronik. Namun media baru yang semakin berkembang dan populer adalah media jejaring sosial online di dunia maya. Media baru digunakan masyarakat untuk mengekspresikan diri dan menyampaikan segala pandangan terhadap sesuatu hal.

Masa Modern.

Beberapa teknologi komunikasi yang digunakan adalah :

Mesin Cetak (1455)
Pada tahun 1455, Johann Guttenberg menciptakan mesin cetak pertama menggunakan pelat huruf yang terbuat dari besi. Pelat tersebut dapat diganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu.

Mesin Analitik (1830)
Charles Babbage menciptakan mesin analitik yang mampu memasukkan data, mengolahnya dan mengeluarkan output berupa kartu. Dengan menggunakan mesin ini, Agusta Lady Byron untuk pertama kalinya menulis sebuah program komputer yang pertama di dunia. Meskipun bersifat mekanis, mesin ini mengilhami terciptanya mesin digital seperti komputer digital pertama yang disebut ENIAC I.

Telegraf dan Kode Morse (1837)
Pada tahun 1837, diciptakan mesin telegraf dan kode morse oleh Samuel Morse bersama dua kawannya, yaitu Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone. Mereka berhasil mengirimkan berita melalui kabel dengan kode Morse (denyut listrik) di antara dua tempat yang letaknya berjauhan.

Film Pertama (1861)
Film merupakan alat komunikasi untuk mengungkapkan gagasan kepada orang banyak. Awal mula film diciptakan pada tahun 1861.

Pesawat Telepon dan Fotografi (1877)
Berdasar pada teknologi telegraf, pada tahun 1877, Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan telepon yang dipergunakan secara umum untuk kali pertama. Pada masa ini, ditemukan pula fotografi dengan kecepatan tinggi oleh Edward Maybridge.

Pita Penyimpan Magnetis (1899)
Pada masa ini untuk kali pertama diciptakan sistem penyimpanan dalam tape (pita) magnetis yang terbuat dari pita plastik kuat yang disebut Mylar. Salah satu sisi pita tersebut dilapisi bahan magnet sejenis iron oxide (oksida besi).

Televisi Tabung (1923)
Zvorkyn menciptakan televisi tabung dan komponen yang digunakan masih berupa tabung vakum karena pada masa ini belum muncul teknologi transistor.

Media Penyimpanan Magnetic Tape (1940)
Dimulainya pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang komunikasi dan informasi terjadi pada masa Perang Dunia II. Pengembangan tersebut bertujuan untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetic tape.

Hiperteks (1945)
Vannevar Bush mengembangkan sistem pengkodean menggunakan hiperteks. Dengan pengkodean hiperteks dapat diciptakan halaman-halaman web yang digunakan dalam internet.

Komputer Digital (1946)
Setelah satu abad terciptanya analytical machine oleh Charles Babbage, komputer digital (ENIAC I) pertama di dunia diciptakan pada masa ini.

Transistor (1948)
Para peniliti di Bell Telephone mengembangkan transistor untuk mengganti tabung vakum yang sebelumnya digunakan. Selain bentuknya kecil, transistor hanya membutuhkan sumber daya listrik yang kecil dan tidak menimbulkan panas yang berarti.

Transistor Planner (1957)
Pada masa ini dikembangkan komponen elektronik transistor planner oleh Jean Hoerni. Dengan teknologi ini, jutaan transistor dapat dimasukkan ke dalam satu keping kecil kristal silikon. Pada tahun ini juga, Uni Soviet (USSR) meluncurkan satelit bumi buatan pertama yaitu Sputnik yang bertugas sebagai mata-mata.

Jaringan Komputer Desentralisasi (1962)
Rand Paul Barand ditugaskan untuk mengembangkan suatu sistem jaringan desentralisasi yang mampu mengendalikan sistem pemboman dan peluncuran peluru kendali dalam perang nuklir.

Jaringan Komputer Pertama di Amerika Serikat (1969)
Sistem jaringan yang pertama diberntuk dengan menghubungkan empat titik tempat dengan kekuatan 50 Kbps.

Program E-mail (1972)
Ray Tomlison pertama kali menciptakan program e-mail yaitu pengiriman pesan teks atau surat secara elektronik lewat internet.

Internet (1973 - 1990)
Istilah internet diperkenalkan dalam sebuah karya tulis mengenai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Kemudian dilanjutkan dengan dilakukan pengembangan protokol jaringan.

Perbedaan teknologi komunikasi dengan teknologi informasi.

Teknologi komunikasi ditekankan pada sebagaimana suatu hasil data dapat disalurkan, disebarkan dan disampaikan ke tempat tujuan sedangkan teknologi informasi lebih ditekankan pada hasil data yang diperoleh. Teknologi informasi berkembang cepat dengan meningkatnya perkembangan komputer dengan piranti pendukungnya serta perkembangan teknologi komunikasi yang ada. Teknologi komunikasi berkembang cepat dengan meningkatnya perkembangan teknologi elektronika, sistem transmisi dan sistem modulasi, sehingga suatu informasi dapat disampaikan dengan cepat dan tepat.

Referensi.

● Barney, Darin.(2005). "Communication Technology". Canada: UBC Press

● Headrick, Daniel. R.(2009). "Technology A World History". New York: Oxford University Press

● Krug, Gary.(2005). "Communication, Technology and Cultural Change". London: SAGE Publications Ltd.

● Wylie, Kimberly.(2003). "Communication Technology". Munich: GRIN Publishing

●https://id.m.wikipedia.org/wiki/Teknologi_komunikasi